Sabtu, 15 September 2012

PTI 1st


PTI 1st

Pengantar Teknologi Informasi
1.    Data
Ketika kita berbicara tentang Informasi maka kata data akan sangat sering kita temui dalam proses penyajian informasi tersebut. Pengertian dari data ini sendiri merupakan suatu fakta atau beberapa fakta yang masih mentah (belum diproses). Sementara itu pengertian yang formal mengenai data adalah representasi fakta dunia nyata yang mewakili suatu objek yang direkam dalam bentuk angka, huruf, simbol, teks, gambar, bunyi, atau kombinasinya

 

Jenis-jenis data yang sering kita jumpai dapat berupa teks, gambar, audio (suara), gambar dan lain sebagainya. Oleh karena itu kumpulan lagu, video, tugas-tugas, modul, gambar dll yang biasa kita simpan pada laptop/komputer yang kita miliki  itu adalah data

2.    Informasi
Data dan informasi merupakan dua hal yang berkaitan satu sama lainnya. Jika data adalah kumpulan fakta yang mentah maka informasi dapat kita artikan sebagai kumpulan dari fakta mentah (data) yang telah diproses dan dimanipulasi sedemikian rupa sehingga memiliki makna yang jelas dan terstruktur sehingga mudah dipahami. Jadi dapat kita ambil kesimpulan bahwa Informasi itu sendiri satu tingkat di atas data, atau dengan kata lain data merupakan bahan bakunya dan informasi merupakan produk yang dihasilkan dari bahan baku tersebut.
Informasi ini sendiri memiliki dua sifat yaitu :
1.    Perfect (sempurna, pasti) informasi seperti ini mengandung karakteristik infromasi yang baik seperti : tepat waktu (aktual), bersifat pasti (akurat), mudah diakses, sesuai dengan fakta sehingga menghilangkan keraguan, dan informasinya saling berhubungan.
2.    Imperfect (tidak sempurna, mengandung unsur ketidakpastian) sebaliknya informasi seperti ini adalah informasi yang sama sekali tidak  mengandung karakteristik informasi yang baik.
Untuk dapat memperoleh sebuah informasi tentunya kita akan membutuhkan yang namanya sumber-sumber informasi. Sumber-sumber informasi merupakan cara yang dapat kita lakukan atau media yang dapat kita manfaatkan untuk memperoleh suatu informasi yang kita butuhkan. Sumber-sumber informasi antara lain :
a.     Pengataman lapangan (observasi)
b.    Kuesioner
c.     Kejadian/event (pencatatan/perekaman)
d.    Pemodelan (simulasi, forecasting)
e.     Media massa
f.      Alat telekomunikasi
g.     Alat elektronis
h.    Mendengarkan cerita/suatu penjelasan.
i.       dll
3.     Pengetahuan (Knowledge)
Beranjak satu tingkat dari informasi yaitu knowledge. Pengetahuan merupakan informasi yang diproses sehingga memberi pembelajaran dan pemahaman mengenai informasi yang kemudian diaplikasikan. Sebagai ilustrasi/contoh ketika sebuah robot yang diberikan semacam pengetahuan kemudian berjalan dan menabrak sebuah penghalang di depannya, lalu dia berjalan untuk yang kedua kalinya pada jalur yang sama maka apabila dia menemukan penghalang dia akan memberikan respon seperti berhenti atau berbelok arah. Seperti itulah pemahaman/konsep dari pengetahuan. Atau yang lebih simple lagi saat kita mengetik beberapa huruf pada tab search google maka akan muncul kata-kata yang kemungkinan akan kita ketik sehingga mempermudah kita dalam proses searching/browsing.
4.    Evolusi abad Informasi
Sebelum kita menghadapi abad informasi seperti sekarang ini perlu diketahui bahwa sebelumnya terdapat abad-abad yang lain yang lebih dahulu berkembang dan memicu munculnya abad informasi seperti sekarang ini. Adapun evolusi abad informasi adalah sebagai berikut :
·       Abad Pertanian (Tahun < 1800)
Pada abad ini kebanyakan profesi orang-orang di dunia adalah sebagai petani yang dalam proses bertaninya belum menggunakan alat-alat bantu/mesin sehingga tenaga manusia sangat berperan pada abad pertanian ini.
·       Abad Industri (1800 – 1957)
Pada abad ini orang-orang di dunia sebagian besar bekerja di pabrik-pabrik yang dalam proses produksinya sudah menggunakan tenaga manusia yang dibantu oleh mesin, dengan kata lain abad industri ini lebih maju bila dibandingkan dengan abad pertanian karena pada abad ini kegiatan manusia sudah dibantu oleh mesin.
·       Abad Informasi (1957 – sekarang)
Merupakan abad yang sedang kita jalani saat ini, dimana hampir setiap kegiatan dan pekerjaan yang kita lakukan tidak terlepas dari teknologi informasi. Arus informasi menjadi sangat cepat dan semakin mudah diakses. Pada umumnya orang-orang yang ada pada abad informasi ini merupakan orang-orang yang terdidik.

5.    Masyarakat Informasi
Masyarakat informasi merupakan suatu masyarakat di mana lebih banyak orang bekerja di bidang penanganan informasi daripada bidang pertanian dan industri. Masyarakat informasi ini biasanya berada di kota-kota besar/metropolitan yang fasilitas-fasilitas umum yang menyangkut teknologi informasi sudah lengkap dan tergolong canggih.

6.    Teknologi
Teknologi merupakan Ilmu yang berkaitan dengan seni atau sains dengan pengaplikasian pengetahuan saintifik ke praktis atau merupakan aplikasi praktis dari sains dalam industri/bisnis. Dari pengertian di atas dapat kita simpulkan bahwa teknologi merupakan aplikasi nyata dari sebuah ilmu pengetahuan yang telah diketahui yang memiliki tujuan untuk mempermudah segala kegiatan yang dilakukan manusia.
Pada abad informasi seperti sekarang ini teknologi seakan menguasai segala aspek mulai dari pendidikan, industri, hiburan dll. Contoh sederhana penggunaan teknologi dalam dunia pendidikan adalah penggunaan LCD proyektor yang mempermudah guru/pengajar menyampaikan materi pada peserta didiknya.

7.    Teknologi Informasi
Berdasarkan Kamus Oxford 1995, TI (Teknologi Informasi) adalah studi atau penggunaan peralatan elektronika, terutama komputer, untuk menyimpan, menganalisis, dan mendistribusikan informasi apa saja, termasuk kata-kata, bilangan, dan gambar. Dari pengertian tersebut dapat kita tarik kesimpulan bahwa dalam penyebaran informasi teknologi mempunyai peran yang sangat besar.

8.    Tujuan & Fungsi TI
Setiap hal yang diciptakan di dunia ini pasti memiliki tujuan dan fungsi penciptaanya, begitu pula dengan TI. Adapun tujuan TI adalah memecahkan masalah, membuka kreativitas, efektivitas dan efisiensi. Sementara itu fungsi dari TI adalah sebagai berikut :
a.     Menangkap (capture)
b.    Mengolah (Processing)
c.     Menghasilkan (Generating)
d.    Menyimpan (Storage)
e.     Mengambil Kembali (Retrieval)
f.      Melakukan Transmisi (Transmission).

9.    Urgensi TI
Hal-hal yang mendasari perlunya penggunaan teknologi informasi adalah sebagai berikut :
a.     Kompleksitas tugas manajemen
Banyaknya tugas atau pekerjaan yang menuntut orang untuk memanaje/menghendle  dengan baik sehingga peran teknologi informasi sangat dibutuhkan agar kompleksitas tugas tersebut bisa teratasi.

b.    Pengaruh globalisasi
Globalisasi yang berkembang sangat cepat pada saat ini menuntut teknologi yang semakin canggih untuk memenuhi kebutuhan.

c.     Perlunya response time cepat
Pada masa sekarang ini persaingan di berbagai bidang semakin ketat. Akibat persaingan inilah setiap orang dituntut untuk menyelesaikan tugasnya dalam waktu yang secepat mungkin. Oleh karena itu teknologi informasi mutlak diperlukan untuk mempercepat setiap kegiatan/pekerjaan yang dilakukan.

d.    Tekanan persaingan bisnis
Siapa cepat dia dapat itulah semboyan yang sekiranya mewakili betapa kerasnya persaingan bisnis saat ini. Oleh      karena itu teknologi informasi harus dimiliki oleh setiap pelaku bisnis untuk menjaga eksistensi bisnisnya.

e.     Peningkatan layanan
Bertambahnya tuntutan dari masyarakat akan layanan publik tentu harus diimbangi dengan peningkatan layanan. Salah satu media yang biasa digunakan untuk meningkatkan layanan adalah dengan bantuan teknologi informasi (komputer)

10.      Komponen TI
Teknologi Informasi (TI) memiliki 3 komponen utama yaitu :
a.     Hardware
Istilah umum yang merujuk pada bagian-bagian fisik dari sebuah teknologi atau merupakan semua komponen dari TI yang dapat kita lihat, gunakan dan kita raba, contoh hardware : monitor, hardisk, Ram, kamera/webcam dll.
b.    Software
Merupakan komponen yang bisa kita lihat dan gunakan namun tentunya kita tidak bisa merabanya. Software ini juga bisa dikatakan sebagai jembatan penghubung antara hardware dengan brainware/pengguna. Contoh software antara lain : system operasi (windows, linux) aplikasi (office, Mozilla, opera dll).

c.     Brainware
Istilah yang digunakan untuk manusia  yang berhubungan dengan sistem  komputer. Jadi setiap orang yang mengoperasikan komputer atau memanfaatkan komputer dalam kegiatannya dapat dikatakan sebagai brainware. Brainware disini memiliki peran yang sangat penting karena tanpa brainware sebuah komputer hanyalah barang elektronik biasa yang tak memiliki fungsi apa-apa (kecuali komputer tingkat tinggi yang telah disetting yang bisa berjalan tanpa brainware)

11.        Firmware
    Merupakan perangkat lunak yang “ditanamkan” ke perangkat keras secara semi-permanen. Salah satu perangkat lunak yang bersifat semi permanen yang ada pada setiap komputer adalah bios (basic input output system). Perangkat lunak ini tersimpan pada Rom. Firmware ini tentu mempermudah kita dalam menggunakan/memanfaatkan sebuah perangkat keras.

12.        Infoware
Merupakan suatu buku yang menyertai perangkat keras yang membantu kita untuk mengenal dan mengoperasikan perangkat tersebut. Adapun infoware dapat berupa : User manual, SOP, dan cyber law.


13.        Penerapan IT
Teknologi informasi (IT) yang perkembangannya sangat pesat sekarang ini tentu memiliki fungsi/penerapan dalam berbagai bidang diantaranya :
·     Industri
Contohnya : pemanfaatan komputer untuk mendisain sepeda motor, mobil, pesawat dsb.

·     Perbankan
Contohnya : Pemanfaatan jaringan yang mempermudah transaksi perbankang, teknologi ATM dan kartu kredit itu semua memanfaatkan IT.
·     Pendidikan
Contohnya : metode belajar e-learning, pembuatan modul-modul, penggunaan LCD proyektor saat mengajar, kuliah online dsb.
·     Kesehatan
Contohnya : penggunaan komputer pada setiap rumah sakit untuk meningkatkan pelayanan, proses-proses operasi yang menggunakan teknologi canggih dsb.
·     Pemerintahan
Contohnya : penggunaan E-KTP, penyebaran informasi publik oleh instansi pemerintah yang memanfaatkan internet dll.
·     Hiburan
Contohnya : Game online, social network (facebook, twitter, skypee dll), music, film dll.
·     dll




Kelompok 8 Offr A

1. Rujian Khairi
2. Dian Septi R
3. 

Nariza Septi K
4.Muhammad Ariyanto W
5. Nur Sajida Bagus Saputra

Tidak ada komentar:

Posting Komentar